• Inilah Barang yang Wajib Ada di Dalam Mobil

Inilah Barang yang Wajib Ada di Dalam Mobil

Hai teman Honda! Salah satu cara menikmati perjalanan selama berkendara adalah memastikan segala kebutuhan perjalanan terpenuhi. Selain itu, dalam kondisi darurat, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan sebagai upaya pertolongan saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ban bocor, kempes, mobil mogok dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa barang yang direkomendasikan untuk selalu ada di dalam mobil Anda:

1. Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)

Kotak P3K biasanya berisi peralatan seperti plester, perban, gunting, kapas, pinset, kasa gulung, kasa steril, cairan antiseptik, dan obat-obatan lainnya. Adanya perlengkapan P3K minimal dapat menjadi pertolongan segera bagi pengemudi dan penumpang selama berkendara.

2. Kabel Jumper (Jumper Cables)

Ada baiknya untuk selalu menyediakan kabel jumper. Aki mobil Anda bisa saja mengalami masalah yang menyebabkan mobil tidak mau menyala. Dengan bantuan mobil lain, kabel jumper dapat digunakan untuk memberi tegangan pada aki mobil Anda.

3. Ban Cadangan

Ban cadangan tidak kalah penting untuk disiapkan. Sesuaikanlah dengan spesifikasi ban yang Anda gunakan agar nyaman saat dikendarai. Lengkapi ban cadangan Anda dengan kunci roda cadangan dan perkakas dasar seperti kunci pas, obeng, dan tang di dalam mobil. Ini akan membantu jika Anda perlu mengganti roda atau melakukan perbaikan darurat kecil.

4. Ponsel dan Charger

Ponsel adalah alat komunikasi penting dalam situasi darurat. Selalu pastikan Anda memiliki ponsel yang terisi daya dan membawa pengisi daya atau power bank sebagai cadangan. Ada kalanya, Anda juga membutuhkan adapter guna menghubungkan kabel USB ke power socket 12V yang tersedia di dasbor mobil.

5. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sudah menjadi barang wajib yang ada di mobil sejak diterbitkannya peraturan Direktur Jenderal Perhubungan yang diteken 18 Februari 2020 lalu. Setiap pabrikan pun melengkapi produk yang dijualnya dengan alat tersebut mulai tahun 2021. Sementara ini peraturan tersebut hanya mengikat mobil baru, tapi tentu tak ada salahnya bagi pemilik mobil di bawah tahun 2021 untuk ikut melengkapinya.

6. Segitiga Pengaman (Safety Triangle)

Terakhir untuk barang yang wajib ada di mobil adalah safety triangle atau segitiga pengaman. Lagi-lagi setiap mobil baru yang keluar dari dealer pasti akan mendapatkannya. Cara menggunakannya ialah dengan menaruh safety triangle setidaknya 3 meter di belakang mobil ketika sedang berhenti untuk situasi darurat.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Garasi Mobil Pribadi

Call Me Back

6 + 2 = ?