• 5 Tarif Tol Termahal di Indonesia

5 Tarif Tol Termahal di Indonesia

Hai teman Honda! Tahukah kalian bahwa masing-masing ruas tol di Indonesia menerapkan tarif yang berbeda-beda. Saat ini, sudah ada 2.578,02 km jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jika diakumulasi dengan Suramadu terdapat 2.583,42 km ruas tol beroperasi di Tanah Air. Ruas tol itu tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Penetapan tarif tol diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.15 tahun 2005 tentang Jalan Tol. Tarif tol itu dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi.

Besar keuntungan biaya operasi kendaraan dihitung berdasarkan selisih biaya operasi kendaraan dan nilai waktu pada jalan tol dengan jalan lintas alternatif umum yang ada. Maka dari itu tarifnya berbeda-beda, ada yang murah tapi ada juga yang mahal. Lalu apa saja ruas tol dengan tarif tertinggi di Indonesia?

Berikut ini 5 jalan tol termahal di Indonesia (golongan I) berdasarkan data BPJT:

  1. Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbentang sepanjang 189,40 km. Ruas ini termasuk bagian dari Tol Trans Sumatera dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Jalan tol ini perdana beroperasi pada 14 November 2019. Untuk melintas di sepanjang tol ini, kamu harus menyiapkan saldo e-Toll sebesar Rp 170.500.

  1. Balikpapan-Samarinda

Ruas tol Trans Kalimantan ini dioperasikan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda. Tol Balikpapan-Samarinda tepatnya ruas Simpang Jembatan Mahkota 2-Manggar memiliki panjang 97,27 km dan perdana beroperasi pada 17 Desember 2019. Di ruas tol ini, pengendara harus memiliki saldo Rp 125.500.

  1. Bakauheni-Terbanggi Besar

Di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, pengendara akan dikenakan tarif termahal sebesar Rp 120.500 saat melintas dari Bakauheni Utara-Gunung Sugih.

  1. Cikopo-Palimanan

Untuk bisa melintas dari Cikopo dan keluar di Palimanan, pengendara golongan I akan dikenakan biaya Rp 119.000.

  1. Pekanbaru-Dumai

Tol Pekanbaru-Dumai terbentang sepanjang 131,69 km. Untuk melintas di salah satu ruas tol terpanjang ini, pengendara setidaknya harus memiliki saldo e-Toll Rp 118.500.

Call Me Back

3 + 4 = ?